Benarkah Granit Menyimpan Gas Radioaktif Berbahaya?

Posted on

Meja Granite memiliki kekurangan. Beberapa Granite melepaskan jumlah gas radioaktif seperti Radon

Radon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Rn dan nomor atom 86. Radon juga termasuk dalam kelompok gas mulia dan beradioaktif. Radon terbentuk dari penguraian radium. Radon juga gas yang paling berat dan berbahaya bagi kesehatan. Rn-222 mempunyai waktu paruh 3,8 hari dan digunakan dalam radioterapi. Radon dapat menyebabkan kanker paru paru, dan bertanggung jawab atas 20.000 kematian di Uni Eropa setiap tahunnya

Banyak sekali sumber radiasi di dalam hunian atau tempat tinggal. Benda yang terlihat biasa seperti balok beton, televise, pendeteksi asap, dan bahkan kacang , pisang , serta kentang turut melepaskan tingkatan radiasi yang masih dapat diukur. Faktanya adalah radiasi dan tingkatan Radon di dalam rumah jauh lebih berarti ketimbang kandungan Radon pada meja granite. Konsumen dan keamanan industri merupakan isu terpenting akan pasar batu marmer dan granite, dan beragam studi kasus telah dilakukan untuk memastikan keamanan dan kandungan granite di dalam rumah.

O. Peter Snyder . Jr., Ph.D. dan Hospitality Industry of Technology and Materials telah melakukan banyak sekali studi akan material meja. Dan beberapa studi industri batu alam dalam kurun waktu 2006 hingga 2014 menunjukkan akumulasi radon pada batu granit.

April 2014 – Kepadatan Radon tidak mengkhawatirkan pekerja tambang

Untuk mengekstrak keindahan batu granit yang banyak menghiasi permukaan meja, lantai, dan fasad bangunan di berbagai belahan dunia kontemporer saat ini, dibutuhkan pekerja tambang yang cermat dan terampil dalam memisahkan batuan granit mentah dengan ledakan hingga menjadi balok-balok batuan mentah yang nantinya di olah untuk pengolahan menjadi kepingan batu indsutri. Mengingat tanah dan batu sekitar tambang alamiahnya mengeluarkan emisi gas Radon. Beberapa studi mencari tahu seberapa bahaya risiko pekerja tambang dengan pancaran radon yang dihasilkan saat menambang di lokasi. Pada Studi yang dilakukan oleh Environmental Health & Engineering of Cambridge, Massachusettes, membuktikan bahwa pekerja tambang granit tidak menghadapi bahaya siginifikan dari Radon. Hasil pengamatan pada udara mengindikasikan bahwa konsentrasi Radon memiliki taraf ketinggian variatif sesuai kedalaman tambang. Lokasi yang dijadikan tempat studi tentunya tambang di Vermont, salah satu Negara bagian Amerika Serikat. Lokasi dipilih untuk merepresentasikan skema terburuk lewat kedalaman dan ketinggian alamiah Radon. Hasil pengukuran menyebutkan semua kandungan radiasi Radon kuran dari 0.3 picocurie per Liter(pCi/L). hasil pengamatan ini membuktikan akan kandungan Radon yang dibawah rata-rata konsentrasi di Negara Amerika Serikat.

symbol_radon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *